NewsGuard: Anti HOAX By Microsoft Edge

Twemmedia.id – Microsoft kian serius untuk meredam peredaran hoaks.Upaya Microsoft untuk meredam hoaks dilakukan dengan menyematkan filter di peramban mobile besutannya, Edge.

Yakni NewsGuard, kehadiran fitur ini merupakan kelanjutan dari program Microsoft Defending Democracy. Seperti dilaporkan Mashable.

Fitur ini tidak aktif secara otomatis. Pengguna Microsoft Edge harus mengaktifkannya lebih dulu melalui menu pengaturan.

NewsGuard: Anti HOAX By Microsoft Edge

Dijelaskan Microsoft, untuk sekarang, NewsGuard masih fokus pada situs asal Amerika Serikat, tapi nantinya situs luar negeri lain akan dimasukkan dalam daftar.

Tim NewsGuard sendiri dipimpin oleh mantan penerbit dari Wall Street Journal hingga mantan direktur CIA. Oleh sebab itu, fitur ini mengandalkan manusia untuk penyaringan berita, bukan algoritma.

Sejak dikenalkan pada akhir 2017, Microsoft Edge terus melakukan inovasi, sebelum menyisipkan fitur anto hoax, pada Juni 2018, browser ini membenamkan fitur anti-iklan untuk versi Android dan iOS

Fitur ini akan dapat dinikmati langsung dari browser tanpa harus menambah ekstensi secara terpisah.

Microsoft menggandeng software anti-iklan populer Adblock Plus. Software anti-iklan ini akan hadir dalam waktu dekat khusus untuk Android dan iOS. Sedangkan untuk PC, Adblock Plus masih hadir sebagai ekstensi sehingga pengguna harus memasangnya secara terpisah.

Sebelumnya Mozilla sudah melakukan hal serupa pada Firefox versi Android. Perbedaannya, Mozilla mengembangkan softwarenya sendiri sedangkan Microsoft menggandeng pihak ketiga. Google pun melakukan hal serupa dengan mengintegrasikan software anti-iklan dalam browser Chrome untuk Android.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close